Terungkap! Ini Dia Rahasia Memanfaatkan Ruang Sempit Di Apartemen Studio

Tahun 2017 masih menjadi tahun di mana apartemen popular sebagai tempat tinggal yang diminati oleh masyarakat. Bahkan, saat ini apartemen dengan model studio masih sangat dicari di kota-kota besar di Indonesia. Apartemen sejatinya dapat menjadi salah satu alternatif tempat tinggal yang nyaman dengan biaya yang tentunya tidak terlalu besar.

Apartemen studio sendiri memiliki ruang yang tidak terlalu luas. Biasanya, dalam sebuah ruangan apartemen studio, kita akan menemukan ruang keluarga, kamar tidur, dapur, ruang makan, dan kamar mandi menjadi satu. Luas ruangannya berkisar antara 20 meter persegi hingga 30 meter persegi. Dengan ruang seperti itu, apakah tidak terlalu sempit bagi kita untuk tinggal di sana?

Apartemen studio yang memiliki batas ruang memang biasanya ditinggali oleh personal, pasangan, atau keluarga kecil dengan satu anak. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin bagi keluarga dengan 2 anak bahkan lebih untuk tinggal di apartemen studio.

Penataan ruangan menjadi salah satu cara untuk membuat ruang sempit pada apartemen studio bisa terasa lebih lengang dan nyaman. Perlu cara cerdik untuk mengakalinya agar tidak terasa sesak. Berikut ini tips memanfaatkan ruang sempit yang bisa Anda dan keluarga terapkan di apartemen Anda.

Memaksimalkan space yang ada

Untuk mendapatkan suasana yang nyaman di dalam apartemen, Anda perlu memaksimalkan space atau ruang yang ada. Jangan menyia-nyiakan ruang kecil sedikit pun yang ada di sudut ruangan. Anda bisa memanfaatkannya dengan menambah kotak atau storage untuk menyimpan barang-barang kebutuhan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode mezanine, yaitu metode dengan menambahkan ruang di antara lantai dengan plafon. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menambahkan tangga kecil dan menciptakan ruang tambahan serbaguna, tetapi metode ini membutuhkan ruang apartemen dengan jarak antara lantai dengan plafon minimal 3 meter.

Tidak bermain banyak warna

Ruang yang tidak terlalu luas, sebaiknya tidak menggunakan tema dan warna yang terlalu bercorak. Anda dapat menggunakan warna-warna yang soft seperti warna pastel. Jika memang ingin menggunakan warna yang berbeda, cukup memadukan 2 warna netral saja.

Gunakan furnitur yang multifungsi

Memaksimalkan sebuah ruang yang sempit, tentunya tidak akan berhasil jika kita menggunakan furnitur atau perabotan yang berukuran besar. Gunakan pilihan furnitur yang multifungsi dan minimalis, seperti lemari yang juga berfungsi sebagai meja, atau sofa yang bisa dimodifikasi menjadi ranjang, yang biasa disebut sofabed.

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa perabotan di apartemen menjadi sebuah dekorasi yang menarik. Anda dapat menjadikan tirai sebagai pembatas. Itu cara mudah untuk memisahkan ruang dengan tidak memberi kesan mempersempitnya.

Pasang cermin yang cukup besar, bisa membuat kesan ruangan jadi lebih luas.

Agar ruangan jadi semakin terlihat luas lagi, Anda dapat menambahkan cermin besar sebagai dekorasi ruangan Anda. Cermin memberikan efek yang cukup berarti untuk sebuah ruangan minimalis, sehingga saat ini keberadaan cermin menjadi satu hal penting, terutama untuk orang-orang yang tinggal di apartemen studio.

Organisir barang-barang Anda agar jadi lebih rapi

Untuk menyiasati pernak-pernik dan dekorasi yang Anda punya, Anda harus menatanya dengan rapi. Gunakan banyak kotak penyimapanan dan disusun rapi kembali agar suasana rumah tetap segar.

Berbagai cara mudah bisa Anda lakukan untuk menyulap ruang sempit apartemen studio Anda menjadi lebih nyaman dan terkesan luas. Itulah tips dari kami yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menerapkannya di dalam apartemen Anda. Baca juga tips inspirasi menarik lainnya dari kami : Fantastis, Ini Dia 10 Rumah Termahal Di Dunia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *